Kata siapa aku takut?


Setiap orang dengan segala jenis tipenya tentu punyai rasa takut yang bermacam-macam pula. Coba kamu tanyakan pada rumput yang bergoyang eh bukan, tanyakan pada kawan sekamarmu, pada seniormu, pada ayahmu atau  presiden sekalipun pastilah menyimpan rasa takut dalam hatinya. Kamu pun begitu,ya kan? 

Nah, sekali ini coba yuk kita bahas sedikit soal takut-menakuti :D
Takut itu pada tempatnya
“Gue ga ngerti banget itu maksudnya apa  (nunjuk cacing cacing-integral- di papan tulis), tapi kalo nanya lagi takut ah sama dosennya..”
“sumpah deh, gue phobia-takut teramat amat- sama fisika..”
“ngaji?ah ngga ah, takutnya sesat kata senior gue bla-bla-bla”
“lu dulu deh..gue takut salah..(padahal cuma pake pita mpkmb)”
“Kebelet sih ,tapi takut sama KPKnya..”
“Gue takut kalo pake kerudung, ga ada yang bilang gue cantik lagi..”
“Gue ga mau mimpi tinggi-tinggi pokoknya!Takut ga kesampean. Malu.”

 Dan bejibun ketakutan-ketakutan ga bertanggung jawab lainnya. 
Wah kenapa ga bertanggungjawab? Yaiya, barangkali kamu itu ga maju maju karena terlalu banyak melihara ketakutan-ketakutan ga pada tempatnya tadi. Misal: kamu takut nanya ke dosen?yaaah, rugi di kamulaah. Syukur-syukur nanya temen yang lebih ngerti, kalo ga? atau kalo temenmu ga ada yang ngerti? 
Selamat menikmati ketakutanmu deh!

Pas lagi tegang-tegangnya suasana kamu takut ngobrol sama KPK-atau dosen killer- buat izin ke WC padahal kebelet? Woles, tahan aja sampe pulang ntar kalo udah sakit batu kantung kemih (karena sering nahan pipis) mereka itu ga akan tanggungjawab ko! kamu sendiri yang ngerasain. 

Ada lagi gamau nyoba sesuatu duluan, mesti jadi orang kesekian kalo ngerjain sesuatu, cari aman-ngeri salah. Pada ahirnya rasa inisiatif dan inovatifmu bakal mati, kawan! Padahal salah itu biasa..justru jadiin pembelajaran supaya kualitas diri kita terus meningkat, yoi ga?

Nah yang bahaya nih, adapula ketakutan ga rasional semacam ‘takut sesat’ yang dijadiin alesan ga mau dateng ke kajian Islam, gamau diskusi. Kita ini mahasiswa kan? Ko bisa-bisanya pake ‘dalil-teori’ sebelum melakukan penelitian? “Kan kata kaka kelas, kata senior terpecaya!” Bahkan jikalaupun gitu kita mestinya cek dan ricek, bahasa kerennya mah tabayun. Apa sih yang bikin dibilang gitu? Emang seniorku tau darimana ya? Apa jangan-jangan cuma penyambung kabar burung. Jadi, kita ini angin?#abaikan.

 Serius deh, bayangkan kalo semua orang cuma nurun-nurunin cerita dari orang sebelumnya tanpa proses berpikir, tanpa tabayun, tanpa mau melihat gimana faktanya-observasi sendiri. Barangkali sampe saat ini dunia masih percaya bumi pusat tata surya, masih nganggep bumi ini lempeung.

Apa ga lebih takut ternyata selama ini kita ngaku muslim tapi gatau apa-apa soal Islam bahkan mungkin phobia banget mendalami agama sendiri? Eit, jangan salah banyak loh di antara kita yang gitu.
Mari sama sama intropeksi. Barangkali selama ini agama cuma jadi aksesoris hidup?kalo sesuai hati pake, kalo ngga sreg di hati, buang. Celaka dua belas!

Udahan yu melihara ketakutan ga rasional yang cuma membelenggu diri menuju kesuksesan! Jadilah pemberani, dalami Islam! Sebab kebangkitan seorang muslim itu ketika dia menerapkan aturan-aturan agamanya. Jangan sampai kelak suatu hari saat kita bertemu Rasulullah, beliau tidak mengakui kita sebagai umatnya karena ketidaktundukan kita-ketidakpedulian kita atas agama yang mulia ini.

Ngaji Islam?kata siapa aku takut?
Takut itu pada Allah semata. [Komunitas Cerdas Politik Asrama]

0 komentar:

Berikan komentar kamu :)