Saya Kagum sama Mahasiswa Jadul

Saya kagum dengan mahasiswa jadul. Meski tak dalam b.inggris pun, fasih sampaikan ide. Bahkan di kantin-kantin riuh diskusi, tukar ilmu. Bukannya ketawa keras-keras sambil coret-coret muka temannya karna kalah main kartu. kosong.

Saya kagum sama mahasiswa jadul. IPK 2 koma sekian tapi ilmu dibawa sampai hidup sehari-hari, sampai punya anak, dan sekarang anaknya punya IPK cumlaude, tapi ilmunya cuma di kertas ujian. Selesai ujian cuci otak, ‘bikin ruang buat materi baru’ katanya.

Saya kagum sama mahasiswa jadul. Ga ada label aktivis-bukan aktivis, yang ada satu kata: mahasiswa. Mereka aktif, mereka idealis, mereka belajar dan berpikir. Bukan sekedar memikirkan perut dan di bawah perut, bukan juga sekedar tenggelam dalam kesibukkan acara hedonistik.

Saya kagum sama mahasiswa jadul. Bikin laporan ga pake laptop, ga ada om google buat bertanya. tapi ga ngeluh (?) Kalau mati lampu ya jalan ajaa bukannya bikin tweet kaya gini buat curhat.

Saya kagum sama mahasiswa jadul. Pemikirannya terasah dan cenderung lebih matang. Berkat diskusi ga digembok pintu kelas. Bukan bilang,”wah berat berat” pas diajak diskusi isu serius negeri, padahal  ngakunya tingkat ahir.

Saya kagum sama mahasiswa jadul. info up to date masalah perekonomian, politik, budaya dan kebijakan pemerintah jadi headline di kepalanya. mereka tanggapi, kritisi omongan dosen. bukan sekedar  'dosen adalah dewa dan mahasiswa adalah kerbau'-tiap perkataan dosen ia amini tanpa ditimbang-timbang, Bukan sekedar lancar lisannya tentang hiburan dan beralasan,"duh saya ngenet cuma buat tugas sih" hoax, padahal rutinitasnya ngecek TL, komentarin chat line, fudulin orang. yah kontroversi hatilah ya.

Saya kagum sama mahasiswa jadul yang kalau demo pun benar mewakili rakyat, bukan sekedar euforia dan ikut-ikutan, ga ngerti apa yang dia 'aksi'kan, ga paham parpol apa yang sebenarnya nyetir 'kumpulannya'. "berasa jadi mahasiswa seutuhnya~" katanya. wih, ngeri demonstrasi sekedar romantisme sejarah.

Saya kagum sama mahasiswa jadul. 
Tapi apa daya saya adalah mahasiswa jaman kekinian yang sengaja ditumpulkan sistem.

Bogor,
Oktober 2013

jika ada ketidakberesan-ketidakbenaran di hadapanmu, melawanlah meski sederhana!

8 comments:

  1. Setuju banget! Semua bukan tentang ipk *nangis

    msmahadewi.com

    ReplyDelete
  2. yang penting bangga jadi mahasiswa sekarang,
    fasilitas teknologi memang di buat untuk dipergunakan )

    ReplyDelete
  3. trims apresiasinya :)

    semoga kita bisa terus tumbuh.

    @om dege: saya ga bilang dilarang pake teknologi kan ya? saya ngepost gini aja pake teknologi. mudah mudahan pesannya sampai :)

    ReplyDelete
  4. dosenku bilang

    ada 2 yang ditakutkan itb
    itb itu takut kalo mahasiswanya 1. beraksi/bergerak dan 2.berkreasi
    dia bilang
    "liat aja itu kursi kalian dipakuin, kalian tuh ga boleh gerak, ga boleh kreatif, jadi kalian cuma bisa diem ngadep ke depan"
    tapi soal kenapa itb takut akan 2 itu
    masih belum tau deh

    ReplyDelete
  5. (Mahasiswa) Sekarang sudah terlena dengan 'kemudahan-kemudahan' yg udah ada. Tapi masih ada kok mahasiswa yg 'jadul' seperti itu saat ini.

    ReplyDelete
  6. bagus banget...

    dan tulisan ini bikin buat aku bertahan buat tetep dengerin kata hati. :D

    ReplyDelete
  7. @arif yap, ahirnya pesannya tiba dengan selamat di benakmu, trims sudah komentar :)
    @Andy Amou: wah kata hati seperti apakah itu?tak selalu kata hati itu benar loh :) trims apresiasinya~

    ReplyDelete

Berikan komentar kamu :)