IRI

Halo Blog, Long time no see. Sepulang ID banyak sekali yang ingin ditulis, tapi yang prioritas adalah laporan yang totalnya 3 buah, ditambah 2 revisian. hahaha tapi saya geregetan pengen update blog. Jadilah saya liat liat barangkali ada tulisan yang bisa diupload, dan ketemu di antara sekian puluh file ga berers ternyata ada tulisan lama (sekitar setahun yang lalu spertinya) yang sudah rampung. setelah saya baca ulang, kayanya ga apa kalau diupload meskpun cenderung curhat banget haha (as always). here it is, ambil aja yang baik baiknya ya, ambil ibrohnya. mudah-mudahan bisa segera update tulisan teranyar juga buat sharing yang lebih manfaat. :)
Judulnya IRI.

Ceritanya saya baru bangeet menjalankan hobi lama sayaa: STALKING. B) kemudian bangkitlah ide dari kubur *yakali* bikin tulisan ini. Ga kaya biasanya yang kalo mau nulis itu saya udah membayangkan percakapan atau beberapa pernyataan keren buat ditulis, kali ini saya bener bener langsung terjun bebas dan memuntahkan apapun yang terlintas. Well, marilah temani pikiran saya punya soal satu kata ini: IRI
Luar biasa emang sungguh luar biasa, satu kata itu. Semua itu asalnya dari sini>>Stalking atau biasa saya bahasakan fudul adalah hobi yang muncul sejak saya mengenal socmed di SMP bernama Friendster. Emang dasar saya hobi banget baca (bacaan yg kayanya seru, buktinya tuh diktat dibaca begitu besoknya mau ujian doang -_-) makanya bisa tahan tuh berjam-jam nongkrongin pc buat liat liat profil orang. Ya fotonya, ya komentar-komentarnya sekedar buat fudul tadi. Dan biasanya berakhir dengan rasa iri, ngerasa hidup paling merana. Wah ko bisa? Iya, sebabnya Allah menakdirkan orang-orang hebatlah yang hidup di sekitar saya. Santai-santai, simak sampe beres J
Waktu SMP saya sering fudul anak-anak yg dianggep berstrata tinggi di sekolah ,terutama emang yg saya kenal. Orang-orang ini biasanya adalah mereka yang good looking, stylish, beradalah, eksis nyampe kaka kelas. emang dasar ya perempuan itu makhluk komunal seringkali yang cantik begini tuh ga sendiri tapi punya segerombol temen cantik lainnya, intinya dulu saya sering kesel sama takdir.
“Gue tuh sebenernya bisa gitu juga. Tapi kenapa sih gue mesti pake ini..” nunjuk kerudung. Yak, itu kesalahan pertama saya di awal kelas tujuh.
 Setelahnya saya berganti keluhan,”Kenapa sih Allah ga adil banget ngasih gue mata minus?kan jadi cupu banget pake kacamata?” Padahal seantero dunia juga tau, hobi nonton tipi dan baca saya yang gatau aturanlah penyebabnya.
Lama-lama saya juga mulai mengeluhkan orang tua yang ga bebas, ga gaul, yang gatau maunya kita apa. Saya lupa kalau saya bisa bersekolah dengan mulus karena beliau beliau itu. Saya lupa saya bisa menulis, bercerita tanpa tahu malu di depan kelas, melukis & menyanyi dengan baik, berlari kencang & berfisik kuat adalah warisan dari dan jasa keduanya. J semua potensi di atas rata-rata itu? Saya lupa.
Yang ini agak kocak, meski di SD saya udah suka-sukaan sama artis (astagfirullah dek), saya anti banget pacaran. Kamu tau, bahkan pernah ada yg pacaran di sungai saya teriakin. Thanks to abi-ibu serta guru yang senantiasa menjejali kita dengan pemahaman Islam. Nah, di SMP mulai puber nih udah mulai bergeser deh kepatuhan dengan perasaan-perasaan. Pengaruh lingkungan juga mungkin ya. Yap, perkara ini pun sempat diiriin, saudara-saudara! Di saat fudul alias stalking, saya suka ngiri liat si populer yang pacaran sama si populer lainnya. Kalian pasti ngertilah ya situasi macam sinetron abangan atau film-film Hollywood yang dulu ngetrend banget? Kita yang tokoh utama, apa atuh hanya seonggok tokoh ga populer yang gigit jari. Pikir saya, enak banget mereka mah bisa terang-terangan kalau suka sama orang, semacam ‘dicak’ itu mah cewenya si ini jangan ganggu. Bisa dianter kemana-mana, dibeliin apa gitu, kalau ada masalah bisa ada pelampiasan. MasyaAllah, emang korban  tv (kan dulu internet belum secanggih sekarang, kudet juga saya) -.- Nah kita? Lulus SD aja udah diancam dinikahin kalau ketauan pacaran.
Semua berubah sampai negara api menyerang, bukan deh, sampai tiba kelas 8, saya yang sebelumnya polos datang dari SD swasta Islami mulai muak masuk SMP negeri yang biarpun favorit, pergaulan anak-anaknya itu...duh. Saya udah komat kamit ke orang tua, siap siap minta dimasukin pesantren selulus SMP, seperti rencana awal orang tua pas saya lulus SD. Eh tapi takdir berkata lain, dengan berbagai pertimbangan akhirnya disekolahkanlah saya di SMAN 5 Bogor :D Apakah cerita iri itu usai? Tidak saudara. Penyakit itu kembali kumat. Saya mulai iri dengan perempuan kalem, kadang dengan para borjuis, tapi lebih sering pada mereka yang berkepribadian menarik. Banyak sekali tokoh unik di sekolah ini, mungkin seiring mendewasanya kita maka definisi cantik bukan lagi sebatas tadi itu. Cantik di mata saya adalah mereka yang secara fisik menarik, juga cerdas dan disukai banyak orang. Kalau sedang eling, saya sering cemburu dengan para wanita sholihah. Cie (mudah-mudahan ga dibaca orang-orangnya) Bagaimana dengan laki-lakinya? Kalau mengikut standar khayalan saya susah, ketinggian, yaiya saya sukanya dari segi tampang kaya Rain bi, tapi yang sholih. nahloh. -__- tapi mudahnya saya respek pada mereka yang pandai dan berkepribadian kuat. Maka ketika ada seorang tukang galau naksir, siap siap aja saya jahatin. Gitu pikir saya.
Haha kayanya kepanjangan di sesi ini.
Adapun iri lainnya adalah ketika menyadari teman-teman SD saya menjelma menjadi ‘remaja sukses’. Ada yang memiliki begitu banyak skill: keterampilan  berbagai bahasa, musik, cerdas pula sampai  jadi siswa teladan, olimpiade, dll. Yang lainnya, banyak yang masuk ITB-UI jurusan favorit, ya kedokteran, arsitektur, pertukaran pelajar dsj. Luar biasa, saya merasa minder dan tidak berbuah apa-apa. Rasanya ko hanya saya yang stagnan.

Sekarang, berlalu 8 tahun semenjak awal saya masuk SMP. Tidak terasa, saya akan segera memasuki tingkat 3 di Perguruan Tinggi. Dan nampak jelas perbedaan itu, kacamata saya serasa diganti. Apa saya masih ngiri dengan para tokoh populer tadi? Secara mengejutkan, tidak. Bagaimana dengan pandangan tentang aktivitas pacaran? Secara mengejutkan, menjijikan. Saya baru menyadari satu hal karunia terbesar yang Allah turunkan pada saya, yaitu pemahaman Islam. Bukan berarti saya jago dan tokoh-tokoh di atas tadi tidak memahami dan belajar Islam, tidak sama sekali bukan itu maksudnya. Hal ini lebih pada rasa syukur, meskipun sering futur dan malas-malasan, atau tertidur saat kajian, in shaa Allah saya tidak mungkin berpaling dari satu ini. Mengkaji Islam bukan lagi hal asing. Terselip penyesalan karena tidak memanfaatkan masa kanak-ababil saya dengan kegiatan yang lebih berguna semacam menghapal al-Qur’an, memperbaiki bacaannya, belajar B.Arab-Inggris sampai mahir, atau menghabiskan isi lemari-lemari buku di rumah, dan justru mencoba ‘keluar kandang’. Semoga Allah memberikan saya kesempatan untuk kembali menata hidup menjadi lebih baik, lebih taat lagi, lebih vokal terhadap kebenaran.

0 komentar:

Berikan komentar kamu :)