antara kita, fakta dan teori


yap.
akhirnya kutulis juga ini coretan. sebuah ide yang sempat terlupa kini melompat-lompat minta dimuntahkan..


pernah denger seseorang berkata,
 “menurut teori ini bla bla bla..”?

atau ini,
 “dari kata kata lu, lu tuh orang yang bla bla, jadi ga cocok kalo bla bla..”

nah, entah kenapa suka males deh denger orang yang ngejadiin ‘teori’ sebagai dalil buat ngejudge dan ngelabelin orang lain ini-itu. Okelah kalo emang orang lain itu lagi ada masalah dan minta dikasih saran,  tapi kalo ga? lagi ga kenapa napa, lagi bercanda aja gitu eh dikomentarin yg nyangkut psikologi,”tuh kan gw bilang juga, lu tuh…”
eleeee..

 toh teori ga selalu bener kan?
Well, mungkin karena namanya manusia, yaaah serba punya kekurangan, tempatnya salah..
Ilmu apaaa aja yang emang penuh sama teori-teori buah pemikiran manusia(yang serba terbatas  dan bisa salah tadi ) ga jarang ditemuin ga cocok sama faktanya di lapangan..

Q: Contohnya apa fath? Suka asal ge..
A: Teori transfusi darah yang kita pelajarin di sekolah: orang yg bergolongan darah o itu donor universal, ab itu resipien universal, sisanya cuma bisa tuker-tukeran darah antar sejenis. Tapi faktanya? orang yang bergolongan o cuma bisa ngasih darah ke golongan o lagi, karena kalo ke yang lain sering ga cocok dan kalo dipaksain malah bikin keadaan si resipien memburuk. Gitu juga ab, faktanya cuma bisa nerima dari ab lagi. a sama a lagi, be sama be lagi.. gitu deh.

Q: yah kan itu mah teori jadul, belum di perbarui di buku-buku sekolahan faath
A:yaudah atuh, yang lain..pernah denger kan, katanya seorang cowok itu mestinya nikah sama cewek yang umurnya beberapa tahun lebih muda, soalnya tingkat kedewasaan cowok dan cewek tuh beda. jadi kalo ada cewek-cowok umurnya sebaya biasanya seorang cewek itu tingkat kedewasaannya kaya yang umurnya dua tahun  di atas si cowok. Itu teoriiii, faktanya banyak juga pasangan yang ngelanggar ‘aturan’ ini ternyata pernikahannya adem ayem aja sampai maut menjemput(cielah) makanya menurut gw sih ,gimana orangnya , tiap orang kan berbeda. Tingkat kedewasaannya berbeda. Jadi hasilnya juga beda beda, ga selalu kaya teori.

Q: ah suka kemana-mana lu mah
A:  ya nyambung kali dikit dikit,maksud gw seharusnya kita ga perlu terpaku sama teori. Apalagi yang urusannya sama kepribadian seseorang. kaya ngebanding-bandingin lu koleris sama yang sanguinis mah gakan nyambung, kayanya ga perlu deh.. mungkin aja faktanya, lu plegmatis bisa bisa aja serasi  sama yang plegmatis lagi, koleris taunya bisa klop parah sama yang koleris lagi dll..(ampun ini mah mudah mudahan ga ditakol kang epul ngacak ngacak psikologi haha) siapa tau? Karena toh yang nentuin jodoh lu, Allah kan? Kalo jodoh ya cocok aja, mau lu sahabatan sama-sama sanguinis, ternyata kalo lagi ada masalah kepribadiannya bisa jadi fleksibel ahirnya selesai dah masalah. Mau lu terkenal koleris ternyata kalo ke satu orang itu jadi plegmatis, mungkin aja kan?

Psikologi itu seru, kadang sotau haha
tapi gw rasa semua ilmu yang berteori kaya gitu. Pukul rata.
Tinggal kitanya aja mau bersikap gimana, mau telen bulet bulet teori dalam ngejalanin hidup ini.. apa gimana.
jujur aja, gw  pengen tuh Allah kasih kejadian dalam hidup yang aga melenceng dari teori haha

3 comments:

  1. kok pngen melenceng sih? kalo akau mah kagak berani... :)

    ReplyDelete
  2. melenceng mungkin bagian dari tantangan hidup bro

    ReplyDelete
  3. javas maksudnya melenceng dari teori bukan melenceng dari kebaikan, dapat dibedakan? :)

    ReplyDelete

Berikan komentar kamu :)