Cinta Segiempat antara Gue, Nulis, Hip hop, dan Hallyu wave -_-

Writer’s block karena kehabisan ide?
To be very honest, keknya ini kurang berlaku buat gue. Sebenernya ide banyak banget, cuma ketika nulis seringnya gue kebanyakan mikir, ini penting ga buat dishare? Bagus? Nanti efeknya gimana kalau gue nulis artikel semacam itu?
 Serius, ide itu melimpah banget tiap hari, terutama buat murid berisik macam gue. Hal-hal remeh temeh semacam kenapa ya ‘Hisana’ (Sebuah merk dagang fried chicken di sekitaran kampus) dinamain ‘Hiiisana’, bukannya ‘Hai sini!’ buat manggil costumer. Gue coba coba memahami pola pikir si owner, oh mungkin maksudnya “Hai yang disana~”. Haha ga penting banget ya -_-

and then sampe yang menurut gue genting banget isu ini atau ide ini berharga banget buat orang-orang tau. Sayangnya perbedaan yang nyata antara tulisan ‘berbobot’ versi gue dengan tulisan ‘asal tumpah dari otak’ adalah kuantitas terselesaikannya. Dari sekian banyak tulisan ada di laptop, yang beres sekali tulis biasanya ya yang ‘asal tumpah’ tadi. Ketika proses penulisan tulisan ‘berbobot’ biasanya gue ambil banyak buku referensi, surfing juga biar ga salah salah ngasih info buat kamu.. ( iya kamuuu.. haha) efek jeleknya akhirnya gue keburu cape dan nunda nyeleseinnya, ditunda-tunda-tunda-tunda akhirnya? Yap, males kan mulai laginya. Parahnya ini banyak banget! Ada kali belasan file begini -_-

okay sekarang anggap aja ya kita lagi obrol-obrol malem, mumpung lagi pengen nulis. Kita bahas yang sederhana ‘asal tumpah’ aja ya supaya beneran beres.

Kira-kira setahun belakangan ini gue agak kelewat melek K-pop, apakah ini aib? Gue gayakin, tapi mengingat siapa gue yang dulunya hobi natapin heran temen-temen SMA yang suka joget joget di kelas, ini cukup mengejutkan. Setelah dipikir ulang, akhirnya gue menemukan satu lagi hipotesis kece haha

“Kecanduan seseorang terhadap Hallyu wave sebanding dengan kepemilikan gadget mutakhir”

Contoh realnya adalah gue. Hiks. 
Semasa sekolah gue awam bangetlah soal ginian, kayanya ngenet juga cuma Facebook tok. Nonton film ya apa yang di tv, tapi itu juga udah jarang nonton tv sejak SMA. Ya ke bioskop gaboleh sama abi, mau tau dari mana kan? Yang gue tau dan suka banget paling Harry Potter , itu pun kalau nonton selalu cerewet karena di bukunya lebih komplit. Drama, kpop tau ko, tapi yaudah cutau aja.

Jaman dulu sering kan ya kita milih, kalau di power ranger mau jadi apa, kalau film hunter x hunter pilih siapa, bareng geng sepermainan juga suka cepet cepetan milih siapa di Digimon, kalau geng smp milihnya karakter di twilight series. -_- Nah, kalau soal perfilman terkumpulah nama-nama Rain (lead male Ninja Asassin, Full House), Leonardo di caprio, Nicholas Saputra ‘Rangga’ yang langsung gue aku-aku ke temen-temen. Suka nontonin film-filmnya? Jangan ditanya, ga pernah nonton! Haha full house aja baru tau cerita lengkapnya juga pas udah kuliah, sisanya lebih banyak yang gatau sampe sekarang. Nah menjelang kelulusan SMA, pas lagi nganggur nganggur gitu dikenalin lah sama temen yang suka bawa laptop ke sekolah, film-film semacam ‘Megamind’ ‘Up’. Dan reaksi gue waktu itu norak abis, asik banget ya punya laptop bisa nonton kapan aja. Oya rasanya dulu masih tergolong mewah kalau bawa tablet atau laptop ke sekolah. Temen-temen yang K-poper biasanya emang mereka yang udah punya gadget ini sih, bener kan teori gue tadi? Haha. Oya di sini masih tahap awal banget perkenalan dengan K-pop, tau nama nama Miss A, suju jelaslah lagi rame banget kan, wonder girls, 2pm, 2ne1, big bang, shine dll. Kecuali lagu ‘Lonely’-nya 2NE1 yang dinyanyiin mulu sama anak-anak kelas, gue ga ngerti apa bagusnya k-pop, ga bisa bedain juga kayanya sama semua.
Setelah masuk asrama dan punya laptop sendiri, makin menjadi dah hallyu wave melanda. Dasarnya gue suka cerita-cerita, maka dikunyahlah film yang direkomendasiin temen-temen. Ada yang bikin nangis, terkagum-kagum ko baru ya gue tau film ceritanya keren gini, pantes aja ada orang hobinya nonton. Ckck. Tau sendirilah kebiasaan di lorong asrama TPB, nonton berjamaah, tuker-tukeran film -_- racun emang racun. Gue sukses ketularan suka nonton drama di asrama. Haha.

 Back to topic, semenjak akses ke Youtube gampang akibat gadget (ya Allah tobat, jangan ambil android saya ya Allah) gue jadi bisa bedain agensi-agensi besar di Korea, bisa bedain lagu yang dulu dulu ada di playlist hasil minta ke temen karena enakeun. Akhirnya terkerucutlah ternyata selama ini tanpa sadar gue penyuka lagu-lagu keluarannya YG. Ternyata juga gue bertemankan orang-orang yang suka YG. Ciri khas YG adalah artis-artis mereka beneran musisi, seniman, bukan sekedar tampang, musik mereka ya karya mereka sendiri. Dulunya YG identik sama hip-hop swag swag gitu, tapi 2014 kemarin ada Akdong Musician, dan Winner menggebrak ini.

To be very honest lagi, ternyata di dalam diri gue terkubur kesukaan pada hip-hop, lagu lagu rap gitu. Haha shinta aja ga nyangka, dan orang rumah selalu bilang berisik. Pantas aja, gue pernah suka banget lagu-lagunya Bondan Ft Fade to Black, pernah juga sok belajar ngerap bareng temen pas kelas X (niat amat neng). Di YG sendiri, banyak banget rapper with wise lyric, semacam Mino dari Winner, dan Tablo The poetry man dari Epik High, ataupun rapper with addictive and charismatic lyric B.I dari the upcoming boyband, iKON, dan GD si leader Big Bang. Kebanyakan rapper emang gitu sih liriknya penuh metafor dan permainan kata (ga tau sih tapi kalau yang di Indonesia selain Bondan). Ketemu sama gue yang suka sastra? ya cocok.

Misalnya,”To the slaughter house I’m taking my pain..So take it slow and let time heal everything, They say the time flies, but u keep breaking it’s wings.”(Tablo-Eyes Nose Lips)

Atau di rapnya GD yang ngomong sama angin, “Time stop… Wind, stop blowing.”(Big Bang-Love Song)
Your cold eyes and words are the spoiler
 

In your every action, I see our end
I tell myself it’s not true but I feel the spoiler
Should I watch till the end? Or should I leave now?
What if there’s a twist?” (Epik High-Spoiler)

Dan lirik lain lain yang puitis banget, wah.
Udah panjang banget ya gue cuap-cuap, haha udah malem banget ini. Sebelum ditutup ga lengkap kalau berhenti dengan cerita gitu aja.. Ini penting banget : suka sesuatu sebenernya boleh-boleh aja asal ya ga berlebihan, mesti pinter-pinter ngefilter juga, secara gitu hip hop dandananya kaya toko emas berjalan --. Sebenernya yang paling bikin risau juga pernah baca katanya kecintaan terhadap musik dan Al-Qur’an tidak mungkin berkumpul dalam satu hati. Makanya kalau suka apa apa ya sekedarnya aja, karena cinta yang mutlak ya cuma boleh buat Allah dan berjihad di jalanNya. Kecintaan terhadap Al-Qur’an jelas haruslah di atas kesukaan terhadap lagu dan syair manapun. Sip. Sleep tight, blog. Oyasuminnasai~

1 comment:

  1. Keren teori Hisana dan Hai Sini nya. Haha gue ngga pernah kepikiran sejauh itu. Keresahannya bagus. :)

    ReplyDelete

Berikan komentar kamu :)