Task 7 Gemari Pratama -Klaster1 (Buku)

Pekan lalu seminggu banyak sekali hari libur sehingga kelas gemar rapi juga libur, sayangnya belum gajian hehe jadilah kami stay at home saja.. Kondisi ini kami manfaatkan untuk berbenah rumah, lebih tepatnya bebersih rutin, menuntaskan berbenah pakaian dan mulai nyicil berbenah buku berhubung ketika tiba pekan task 7 mengenai buku pasti agak sulit berbenah tanpa bantuan mas..

Proses decluttering
1. Apakah Anda membuat sub-kategori terhadap buku yang dideclutter?
Iyaaa.. sebelumnya di tengah kehirukpikukan lemari buku, saya sudah menatanya berdasarkan kategori. Hal demikian membuat saya lebih mudah mencarinya bila terburu-buru. Sebenarnya secara visual memang lebih enak menata berdasarkan warna, atau dengan membalik buku. Tapi untuk saya yang seringkali butuh buru-buru ketika memilih buku (sebelum bocil ikutan milih-milih buku juga) sangat terbantu jika hapal dimana letak per kategori. Jadi hasil decluttering ini pun masih mengikuti kategori awal :
rak 1-2 untuk buku non fiksi, 3 didominasi buku fiksi dan buku catatan, 4 untuk dokumen penting, tabloid serta buku-buku penunjang pembelajaran bahasa asing. Kemudian ditata berdasarkan subkategori yang sama, seperti gambar berikut. Rak 2 dan 3 dan paling depan adalah buku-buku yang paling sering saya gunakan, atau yang sedang dibaca.. (contohnya buku referensi kajian tiap pekan)



2. Cek buku-buku Anda apakah sudah memiliki tempat?
Cenderung melebihi tempat, tapi sebelum merealisasikan keinginan menambah rak buku baru akhirnya saya pilih benar benar lagi. saat ini sebetulnya belum selesai semua proses decluttering, baru 75%.

3. Kurangi jumlahnya jika berlebih (ceritakan proses decluttering pada proses berbenah buku Anda, kemudian kaitkan dengan prinsip RASA)
Sempat dilema dan yakin akan tetap menyimpan semua buku bacaan, karena banyaknya buku yang belum selesai dibaca. Namun, setelah berhari hari berbenah juga meminta saran teman setidaknya ada dua dus kecil buku untuk dideclutter karena berbagai pertimbangan berdasarkan prinsip RASA. Misalnya 4 series novel Twilight, meskipun secara fisik masih rapi jali bahkan bersampul setelah dipikir ulang secara konten isinya kurang aman jika dibaca anak-anak, kalaupun Haura sudah dewasa saya berkeinginan pikirannya dijejali buku-buku yang lebih berfaedah dan bergizi dibanding novel percintaan tersebut. Saya sempat meminta saran teman-teman saya harus diapakan buku" tersebut dan kebanyakan menyarankan untuk tidak disimpan karena masalah konten.
Kebanyakan buku yang terpilih untuk didonasikan adalah hasil filter berdasarkan kontennya. Adapun buku yang belum saya baca sama sekali saya lihat skilas kemudian bila masih ada keinginan untuk membacanya (tapi kecil kemungkinan akan dibaca ulang berkali-kali dalam waktu dekat) saya letakkan ke kardus yang berisi buku-buku yang akan saya selesaikan sebelum didonasikan.

Proses Organizing
1. Bagaimana corak/style Anda dalam menyimpan buku? (boleh sesuai materi ataupun mix sesuai selera Anda) kemudian cek berdasar prinsip RASA.
Biasanya saya menyimpan buku berdasarkan kategori di lemari buku, tapi untuk buku anak dan beberapa buku terkait kurikulum kegiatan anak sengaja saya letakkan di storage mainan di kamar, sehingga mudah dijangkau anak pun terlihat oleh saya sehingga dibaca bila akan digunakan sebelum berkegiatan.
Penataan lemari buku masih mengikuti pengkategorian per baris rak buku, dan letak di gambar. Namun pada baris ketiga, yaitu buku 'santai' yang menginspirasi kepenulisan ditata berdasarkan gradasi warna agar tetap indah secara visual.

2. Tulis kebiasaan baik terkait buku-buku yang Anda simpan tersebut.
Rencana yang dibuat setelah berbenah:

*Kegiatan harian:
1)Menyisihkan waktu khusus untuk membaca buku yang dimiliki namun belum dibaca.
2)Memastikan tidak ada buku yang tercecer sebelum tidur malam
3) Menuliskan kata-kata kunci, cerita singkat hasil membaca pada jurnal harian

*Kegiatan mingguan:
1)Membersihkan debu pada rak buku
2)Merotasi daftar buku bacaan untuk 1 minggu
3) Membuat tulisan pendek terutama berkaitan dengan buku" dan literatur yang dibaca dan dialami selama pekan tersebut.

*Kegiatan bulanan:
1) Membersihkan rak buku secara keseluruhan
2) Memeriksa ada tidaknya buku yang bisa didecluttering


Bagi Anda yang tidak sempat berbenah di pekan ini, tetap kumpulkan progress Anda sekecil apapun itu.
Untuk media social sertakan hestek
#Task7GP
#gemaripratama
#angkatan1
#klaster1
#gemaribuku
#menatadirimenatanegeri
#gemariclass
#metodegemarrapi
#indonesiarapi
#serapiitu
#segemariitu
#RASA
M

0 komentar:

Berikan komentar kamu :)