Task 8 Gemari Pratama - Klaster 1 (Dapur Part 1)


Pada pekan ini, Anda akan memulai berbenah : kategori dapur (part 1).
🎉🎉🎉🎊🎊
Yuk, ceritakan 2 tahapan proses berbenah Anda pada kategori dapur ini, meliputi :
Proses Decluttering
1. Apakah Anda membuat sub-kategori di setiap kategori dapur Anda?
Tidak mendaftar sub-kategori secara menyengaja dan tertulis, saya hanya mengelompokkannya berdasarkan kategori dan letak sesuai frekuensi penggunaannya. Misalnya barang elektronik seperti blender dan food processor tidak setiap hari saya gunakan maka diletakkan di dalam baskom tertutup di kolong kompor, sementara rice cooker di meja lemari dapur, dispenser di sebelah kulkas. Bahan-bahan makanan diletakkan sesuai dengan petunjuk penyimpanannya, bumbu kering untuk memasak pada botol botol kaca dirapikan di rak, bahan segar mentah di kulkas, pasta beras kerupuk dan sejenisnya saya letakkan dalam toples di lemari dapur bagian bawah, dll.
2. Cek menu keseharian Anda, bagaimana pola makan Anda dan keluarga? Apakah barang di dapur sudah memenuhi atau justru berlebihan? bisa Anda ceritakan barang apa saja yang sering digunakan dan tidak atau belum sama sekali digunakan.
*Sempat menggunakan food preparation dengan belanja ke pasar seminggu sekali, karena saya kurang suka belanja harian ke luar (tukang sayur yang lewat seringkali tidak lengkap). Tapi belum istiqomah, yang akhirnya berdampak pada belanja stock makanan mengira-ngira membayangkan akan memasak apa, ketika harinya tiba atau ketika persediaan sesuai menu telah habis.. memasak apapun yang ada kadangkala tidak ada apa-apa. hehe jadi serba spontan. memang istiqomah itu berat ya dibanding memulai. Rencananya ingin memulai lagi food preparation.
* Barang-barang di dapur telah memenuhi, dan 90%nya rutin dipakai. Yang paling sering digunakan adalah panci-panci, pisau, wajan, rice cooker, spatula dkk, tupperware untuk bekal ataupun penyimpanan bahan mentah. Yang agak overwhelmed adalah gelas-gelas, piring polos hasil kado pernikahan, ditambah dikasih nenek. Yang belum pernah digunakan sama sekali adalah 1 set alat makan bercorak dan tea set dari Korea, serta wadah plastik untuk masakan besar dengan tutup semuanya adalah kado pernikahan.

3. Jika barang Anda berlebih-atau merasa overwhelm, bisa ceritakan proses mengurangi perlengkapan dapur Anda. Dalam hal ini bisa Anda kaitkan dengan prinsip RASA (termasuk keputusan memilah sampah dapur).

*Sudah banyak yang dihibahkan, yang belum pernah dipakai dikemas ulang dan dijadikan kado kepada teman, namun masih banyak gelas-gelas lainnya yang jarang keluar lemari.. akan ada decluttering selanjutnya in shaa Allah sampai dirasa cukup.
*keputusan memilah sampah dapur belum terealisasikan karena perlu edukasi juga kepada suami juga belum mengetahui letak bank sampah, yang sudah saya lakukan baru memisahkan cangkang telur untuk jadi pupuk tanaman di halaman, dan menampung minyak jelantah, adapun sampah sisa makanan diberikan ke ayam, sampah lainnya masih bercampur baur. Masih proses..

Proses Organizing
1. Saya berencana mendaftarkan lemari dapur alumunium saya, rice cooker berlebih, minyak jelantah, dan barang-barang lain yang sesuai ketentuan ke program KUTUB (program pengelolaan barang bekas yang hasilnya akan didonasikan ke pesantren yatim dan tahfidz).

2. Tata barang dapur sesuai dengan materi atau gaya penataan Anda sendiri, usahakan sudah fix kemudian cek apakah sudah sesuai dengan prinsip RASA.
Proses berbenah dapur part 1 ini belum selesai sehingga masih dimungkinkan tata letak pun berubah, karena diburu-buru akan pergi ke rumah orang tua sebelum Ramadhan.. tapi sudah tergambar kenapa harus demikian, selain estetika juga memenuhi alasan fungsional, dan keamanan dari jangkauan anak/ hewan lain.


#Task8GP
#gemaripratama
#angkatan1
#klaster1
#gemaridapur
#menatadirimenatanegeri
#gemariclass
#metodegemarrapi
#indonesiarapi
#serapiitu
#segemariitu
#RASA

0 komentar:

Berikan komentar kamu :)