Task 6 Gemari Pratama-Klaster 1 (Pakaian)

Proses Decluttering
1. Apakah Anda membuat sub-kategori pakaian yg Anda gunakan sehari-hari & hari khusus?
Iya, agar memudahkan ketika mencarinya. Pakaian sehari-hari kebanyakan dilipat di dalam lemari, sementara pakaian khusus digantung masih di lemari yang sama. adapun peletakkan kaos kaki, kerudung, jaket, alat solat dll tidak dibedakan hari khusus atau bukan, hanya semuanya disimpan pada sekat sekat yang berbeda sesuai kategori.

2. Cek sepatu, tas, dan aksesoris Anda. Apakah semuanya sudah memiliki tempat/masih overwhelm?
belum semuanya memiliki tempat, seperti tas, dompet, headset, kacamata dan topi suami yang setiap hari digunakan masih diletakkan di sembarang tempat, sementara ini akhirnya membeli gantungan dinding
untuk tas dan jaket yang diletakkan di ruang tamu karena pertimbangan juga jarang datang tamu.. meskipun demikian sebisa mungkin tetap terlihat rapi, tapi memudahkan aktivitas sehari-hari.

3. Kurangi jumlahnya jika berlebih (ceritakan proses mengurangi/tidak perlu mengurangi pakaian Anda disini kaitkan dengan prinsip RASA)
selama dua minggu saya dan suami membedah lemari pakaian, dan boks-boks di kolong untuk dipisahkan mana yang tetap disimpan dan mana yang tidak. Cukup banyak yang dikurangi (kurang lebih 3 kantong besar) dengan cara diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan melalui nenek saya yang masih bolak-balik ke kampung, Sebagian diputuskan tetap disimpan dengan perlu perbaikan terlebih dahulu. Padahal isi lemari tersebut sudah hasil berkali kali decluttering, seperti saat donasi ke daerah-daerah bencana.

Proses Organizing
1. Alhamdulillah pakaian hasil decluttering sudah disingkirkan seluruhnya dari rumah, hanya bersisa sepatu yang belum sempat disentuh. Ada kemungkinan sepatu putih yang jarang dipakai akan didecluttering. Sementara sisanya sepatu mas dan Haura juga belum dibicarakan mana yang akan tetap disimpan dan diberikan ke orang lain.
2. Alhamdulillah sudah pas untuk urusan pakaian saya dan suami, adapun Haura saya masih merasa tempat pakaiannya terlampau sempit untuk gaya lipatan vertikal sehingga sulit untuk rapi. Namun untuk seperti bantal, dan pinggiran boks bayi saya belum dapat memutuskan harus dikemanakan. Karena jarang digunakan, diberikan pun tidak akan berguna karena itu adalah bantal pinggiran boks customized dengan ukuran boks anak saya yang tidak umum (1x2m), sementara ini masih memutuskan untuk disimpan, namun peletakkannya masih belum fix agar tidak menjadi clutter. sempat terpikir untuk mere-use menjadi alas duduk karena kami lebih sering lesehan di lantai.

0 komentar:

Berikan komentar kamu :)