Task 9 Gemari Pratama- Klaster 1 (Dapur Part 2)

Evaluasi apakah banyak makanan yang terbuang atau justru belum sesuai dengan anggaran (misalnya defisit). Setelah berbenah dan menata isi kulkas secara umum (termasuk freezer), tentukan langkah apakah ke depan membuat perencanaan terhadap belanja makanan (food preparation) ataukah tidak. Berikan alasannya.

1) Sebelum berbenah kulkas sempat melakukan food preparation namun tidak istiqomah, seringkali juga berbelanja dalam jumlah banyak dengan rencana dibuat menu ini dan itu akan tetapi seringkali terlupa. Setelah berbenah ditemukan beberapa bahan makanan yang sudah lewat kadaluwarsa seperti mayonaise, juga bekuan olahan makanan yang sudah terlalu lama (berbulan-bulan) di freezer. Rencananya akan mulai kembali food preparation, ditambah membeli 'stock' bumbu ataupun bahan makanan tahan lama secukupnya agar senantiasa fresh..

2) Tulis kebiasaan baik terkait berbenah rutin dapur yang akan Anda lakukan (Harian, Mingguan, Bulanan).
Kriteria tugas :
# Harian saya akan mengupayakan bertanggungjawab terhadap bahan makanan yang telah dibeli dan dipersiapkan untuk seminggu tsb, jika pun mendadak tidak masak jangan sampai berhari-hari bahan makanan tersebut 'terbengkalai' dan membusuk dengan mubazir, harus ada solusi seperti dihibahkan kepada tetangga sebelum dalam kondisi masih layak, mengambil bahan makanan dengan prinsip FIFO (First in First Out).
# Mingguan, memastikan sebelum berbelanja, bahan makanan yang seminggu ke belakang sudah habis. Menata belanjaan sesuai prinsip FEFO (First Expired First Out), sebisa mungkin tidak terlalu penuh sehingga makanan yang terdapat di kulkas dapat teridentifikasi dengan mudah dan menghindarkan dari terlupa diolah/dikonsumsi.
#Bulanan membersihkan kulkas, dan mengevaluasi kalau kalau ada bahan makanan yang tahan lama sudah lewat kadaluwarsa (semisal mayonaise tadi).



0 komentar:

Berikan komentar kamu :)