ketika ia datang kembali.




     Tiba- tiba aja saya teringat dua-tiga tahun lalu.  Boleh dibilang itu adalah masa paling emosional dalam hidup saya, complicated banget. Tau dong video youtubenya Marshanda? Terus terang kalaupun seandainya si Caca lagi baca tulisan ini saya berharap ga melukai hatinya karena  bukannya mau mengungkit masa kelam artis itu. cuma yaa agaknya saya sedikit paham rasanya gimana. saya dulu bener-bener selabil itu (mungkin sama mungkin juga beda)nyaris ngarep mati aja sekalian(*). kaya berdiri di titik nadir, kaya seluruh dunia meludah padaku. Nangis? Nyaris tiap hari. Trauma? Mungkin, tapi duluu. Kenapa? Wah saya ga bakalan bahas deh hahaha dibully? emang pada percaya gitu muka saya muka orang dibully? :D
   Intinya saat itu tuh saya paham bahwa ketika kita bertindak tanpa dipikir, bahayanya luar biasa. Pun soal mempercayakan hati, ga lagi-lagi asal meletakkan. Asal cinta, asal deket, asal percaya sama orang-orang yang senyum tiap hari ke kita. Well, syukurnya saya ga bisa baca pikiran orang. Karena ga semua orang nyatanya tulus menghargai-mencintai kita seperti keliatannya. haha
   Terlepas dari itu semua banyak hal yang bisa saya ambil sisi positifnya: pertama, saya jadi produktif abis dalam menulis. Beberapa bulan yang lalu seorang penulis bilang ke saya, tandanya tulisan kita udah berkembang adalah pas kita baca tulisan-tulisan jadul kita ngerasa ‘dih jelek amat, untung deh ga nekat kirim ke penerbit’. Anehnya saya jarang bahkan nyaris ga pernah ngerasa tulisan-tulisan jadul saya jelek, semuanya selalu punya cerita dan  muterin ‘filmnya’ masing-masing. Lewat tulisan-tulisan tadi saya ingat perasaan saya waktu itu gimana, ditujuin ke siapa itu tulisan, gimana suasananya. Jadi saya malah bersyukur udah nyimpen kumpulan cerita di kotak history. aslinya saya males banget nulis di diari sih. Mungkin  emang itu tandanya kemampuan nulisku belum berkembang hehehe
     Kedua, saya banyak belajar karakter orang sekaligus mengenali karakter pribadi lebih dalam. Saya jadi tau,”ooh kalau gue begini orang ga suka. Mereka pengennya gue begitu dan begitu.” Tapi yak sekarang saya sadar juga adalah kegagalan buat kita kalau mencoba menyenangkan semua orangimpossible. Stres deh! misal, temen penggosip kehidupan kita ngasih saran buat masalah yang sebenernya udah clear, tapi dia pengen kita
milih dari dua option yg dia bikin, dua cara yg HARUS kita ambil salah satu. Saya bukan cerita soal orang yang lagi amar ma’ruf nahi mungkar yaa, bukan. Tapi penggosip, yang seolah ngarahin aktor buat ngikutin skenario sinetron bikinan dia. Sarkas? ga juga deh kayanya, emang ada ko sekelompok orang yang kerjaannya ngegosipin orang lain gitu. Saya akhirnya menyadari kalo diri saya ga bisa klop dengan temen-temen berkepribadian gitu, bukan sarang yang aman dan nyaman.
     Ketiga, Alhamdulillahirabbilalamin. Akhirnya saya menemukan orang-orang yang LOLOS SELEKSI. Yep, ketika kita jatoh sejatoh-jatohnya kita bisa nemuin orang-orang yg beneran temen, yang ngedukung-mencintai kita apa adanya, mau bantuin benahin diri kita. Teman bukanlah yang selalu membenarkan tiap perkataanmu, tapi mengatakan kebenaran kepadamu.sweet? :)

Kalau kamu saat ini lagi dirudung duka dari ‘segala penjuru mata angin’, silahkan hubungi Rabbil alamin, besabaaaarlah! Allah ga akan ngasih kamu ujian yang ga bisa kamu tanggung ko, percaya deh masalah adalah kawan yang bakal mendewasakanmu. 

keep smile!
:D




(*)kedengerannya lebay banget ya? tapi emang gitu yang dirasain saat itu. menurut survey sih katanya cewek emang lebih down kalo dia ada masalah sosial, bisa itu sama keluarga-temen-pasangan dibanding prestasinya yang turun. beda lagi kalo cowok, katanya sih dia bakalan lebih stres kalo ga mencapai target-target, prestasi turun dibanding dibanding masalah sosial. coba aja cek orang yang putus pacaran, biasanya yang lebih lama move on tuh cewe. masih aja nangis-nangis, ngegalau walaupun putusnya udah lama. kalo cowo dia langsung ambil sikap entah itu cari yang baru atau sibuk sama aktivitas lain. ini biasanya loh ya, tergantung orangnya dan sikon juga.

0 komentar:

Berikan komentar kamu :)